Perangkat Lunak yang Digunakan untuk Akses Internet : Materi Pelajaran TIK Kelas 9

Diposting oleh Label: di
A. Perangkat Lunak yang digunakan untuk Mengakses Internet

Pada dasarnya, Internet berisikan berbagai macam informasi yang disajikan dalam suatu website. Untuk dapat mengakses website tersebut, kamu membutuhkan browser (perangkat lunak yang digunakan untuk
mengakses Internet). Ada beberapa browser yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, di antaranya adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, dan Netscape Navigator. Browser yang paling banyak digunakan saat ini adalah Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Berikut ini adalah penjelasan tentang browser tersebut.

1. Internet Explorer


Internet Explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, Internet exploler sudah mengeluarkan berbagai versi. Versi yang terakhir saat ini adalah Internet Explorer versi 8. Hasil survey
yang dilakukan oleh perusahaan WebSideStory sebagai penganalisa web, menunjukkan bahwa pengguna Internet Explorer saat ini mencapai 93,7%. Oleh karena itu, Internet Explorer dinyatakan sebagai browser yang paling banyak digunakan oleh para pengakses Internet.

Internet Explorer banyak digunakan oleh para pengakses Internet untuk melakukan browsing karena memiliki kelebihan-kelebihan seperti berikut:
1)  Internet Explorer tidak memerlukan memori komputer yang terlalu besar sehingga tidak menghambat alur kerja program lain yang sedang berjalan secara bersamaan dengan program Internet Explorer.
2) Jika komputer menggunakan sistem operasi Windows, Internet Explorer sudah secara otomatis terinstal. Oleh karena itu, tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.
3) Internet Explorer sudah terintegrasi dengan Microsoft Outlook ataupun Outlook Express sehingga lebih memudahkan untuk mengirim dan membaca e-mail.


Selain memiliki kelebihan, Internet Explorer juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah:
1) Ukuran aplikasinya besar, dapat mencapai 80 Mb.
2) Belum terintegrasi dengan berbagai perangkat lunak download manager, seperti Internet Download Manager, Flash Got, Free Download Manager, dan lain sebagainya.
3) Fitur-fiturnya masih sedikit jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox.
4) Kecepatan dalam melakukan browsing masih lebih lambat jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox.
5) Hanya dapat digunakan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, sedangkan pada sistem operasi Linux dan Mac tidak bisa menggunakannya.



2. Mozilla Firefox


Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

Kelebihan dari Mozilla Firefox adalah:
1) Ukuran aplikasi yang relatif lebih kecil, yaitu sekitar 7,3 Mb.
2) Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas, misalnya Ctrl + T untuk membuka tab baru, maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture), misalnya menekan tombol kanan
mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya. 

3) Memiliki fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
4) Fiturnya lebih banyak dari Internet Explorer
5) Tampilan browser dapat dikostumisasi menggunakan skin.
6) Tampilan halaman yang lebih luas dan area toolbar lebih ringkas.
7) Kecepatan aksesnya lebih cepat daripada Internet Explorer.


Mozilla Firefox juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah:
1) Tidak terintegrasi dengan Microsoft Outlook ataupun Outlook Express.
2) Memakan banyak memori komputer sehingga sering mengganggu proses dari program lain yang berjalan bersamaan dengan Mozilla Firefox.
3) Harus diinstal terlebih dahulu, tidak otomatis seperti halnya Internet Explorer yang terinstal bersama dengan sistem operasi Windows



Sumber: LKS TIK Kelas IX Semester 2 CV.Cerah

1 komentar:

Back to Top